Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 01 Juli 2012

Tiga (3) Kutipan dalam Trading versi Newbie

Sahabat-sahabat trader semua, sebagai newbie ane ingin menggarisbawahi 3 buah kutipan pribadi ane yang selalu ane tanamkan dalam hati ane dalam menekuni dunia trading sampai saat ini. Semoga sharing ini menjadi bermanfaat, setidaknya bagi ane sendiri di saat ada para master di sini yang berkenan memberikan nasihat tambahan kutipan bagi ane dan teman2 newbie yang lain. Dan 3 kutipan tersebut adalah:

1. Jangan (selalu) mengandalkan orang lain.
Mengandalkan orang lain di sini ane artikan bukan hanya dalam hal bahwa kita selalu mengharapkan dan meminta pendapat orang lain saat memutuskan OP atau CP. Namun, berarti juga bahwa sebagai trader kita harus berusaha membangun sistem kita sendiri. Sistem pribadi dengan teknik, strategi, manajemen dan psikologi yang telah teruji secara nyata dalam trading yang kita jalani. Kalau saat ini kita ternyata masih menggunakan berbagai sistem yang diklaim profitable milik orang lain secara membabi buta, ane simpulkan bahwa saat ini juga kita masih mengandalkan orang lain. Namun, bukan berarti juga kita tidak boleh mengadaptasi sistem orang lain yang cocok dengan kita loh. Yang penting, dengan berjalannya waktu, kita pada saatnya harus menggunakan sistem yang telah kita buat dan riset sendiri.

2. Tidak ada cara mudah dan instan untuk sukses.
Seperti hampir semua jenis bisnis di dunia kita, bisnis trading menuntut waktu, tenaga dan pikiran kita untuk sukses di dalamnya (belum termasuk yang sangat penting -> modal! ). Jangan sampai kita melupakan hal ini hanya gara-gara melihat potensi bisnis ini yang sangat menggiurkan dengan likuiditasnya yang luar biasa besar. Jadi, ketika memutuskan untuk terjun di bisnis ini, mulailah dengan proses pembelajaran yang dalam dan kontinyu, lakukan riset, curahkan waktu dan perhatian yang cukup dan jangan berharap keajaiban bakal terjadi (setiap hari). Intinya, kerjakan PR-mu, sebelum terjun terlalu dalam dalam dunia trading!

3. Tidak ada sistem yang selalu berjalan sempurna
Banyak sumber di luar sana yang menawarkan dengan sangat PeDe-nya sistem-sistem yang digaransi selalu profit setiap waktu di segala situasi dan kondisi. Pada kenyataanya, sebagus apapun sistem yang kita pakai, kemungkinan kegagalan selalu ada. Karena market memang terlalu "digdaya" untuk dikuasai (sepenuhnya). Apalagi kondisi market tidak selalu bisa ditebak karena mengalami chaos misalnya. Atau di saat para "spekulan" besar sedang bermain "merusak" prediksi trader-trader pinggiran. Jadi, jangan terlalu down dan mudah menarik kesimpulan bahwa suatu sistem jelek hanya gara-gara pernah gagal. Karena, pada dasarnya, memang tidak ada sistem yang selalu sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar